Thursday, February 08, 2007
posted by Beyond My Destination at 10:48 PM
Ibu Hamil mendadak pengen Ikan Mas Bakar.. bela-belain belanja , milih-milih ikan mas yang gak terlalu besar. Gak tau nama beken si Ikan Mas ini apa di spore..
Langsung saja aku cepet-cepet telp
Non Ini, khusus menayakan bahasa gaul nya si Ikan Mas ini apah.. dah ternyata beliau menjawab "Likoh" dah nanya kata nya si Aunty yang jualan gak ada.. ya sutra deh terpaksa nyari sendiri kan ... ternyata si Ikan mas ada di depan mata,...
ihihihi



Bahan :
- 1 Ekor ikan mas ukuran kecil
- 1 sdt garam
- 2 sdt jeruk nipis
- 3 Siung bawang putih
- 1 cm Kunyit
- 1 sdt gula pasir
- 2 sdm minyak goreng untuk menumis
- 1 sdm air
- 3 Sdm kecap manis

Sambel Cobek:
- 3 buah Cabe merah besar
- 2 Buah Cabe rawit merah
- setenggah buah tomat
- 2 cm kencur
- 1 cm Jahe
- 1 sdt terasi bakar
- 1 sdm gula merah yang telah di sisir
- 1 Buah jeruk limau

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180 derajat selama 15 menit

- Ikan: bersihkan isi perut dan lendir2 hitamnya, berikan perasan jeruk nipis diamkan 15 menit atau lebih di dalam lemari pendingin.

- Haluskan bawang putih, kunyit , sisa 1 sdt garam dan gula pasir.

- Tumis dengan minyak di atas api kecil hingga harum, aduk rata lalu angkat.

- Campur bumbu yang sudah di tumis dengan kecap, lalu keluarkan ikan dari lemari es, tiriskan dan lumuri dengan bumbu diamkan selama 15 menit atau lebih di dalam lemari pendingin.

- Sambal: Tusuk cabe merah, bawang merah, tomat, kencur , jahe dan terasi dengan tusukan sate.

- Bakar sambil di putar-putar hingga sedikit gosong dan kulitnya meletup-letup.

- Haluskan bumbu bakar sekaligus bersama garam dan gula, bisa memakai blender atau cobek batu. [ apabila mengunakan blender sebaiknya jangan di blender terlalu lama karena sambal akan menjadi agak lembek dan ber-air]

- Untuk membakar, ikan bisa di letakkan di atas alumunium foil lalu lapiskan dengan daun pisang.

- Bakar selama 30 menit dengan panas oven 150 derajat.
 
Saturday, February 03, 2007
posted by Beyond My Destination at 5:09 AM
Ber-suami kan seorang yang berasal dari jawa timur tentunya kangen sama makanan kampung halamannya. Resep ini hasil dari coba-caba dan sedikit ngarang. Tapi kata misua mirip sama yang biasa di makan . Senangnya ;-)

Bahan:

- 1 buah Tahu potong kotak
- 1 buah telor
- garam dan merica secukupnya
- segengam touge
- Minyak secukupnya.



Bumbu Untuk Saus Petis:
- Segengam Kacang tanah
- 2 siung bawang putih
- 1 sdm petis udang
- 1 buah kemiri
- 1 Buah cabe merah besar
- Garam secukpnya

Cara membuat:
- Kocok telor dan tahu lalu goreng di atas minyak panas seperti mendadar, tiriskan.
- Goreng kacang , dan haluskan semua bumbu.
- Celupkan touge di atas air mendidih selama 5 menit,tiriskan.
- Tata tahu telor di atas piring, tambahkan touge lalu siram dengan bumbu petis.
- Jika suka bisa di tambahkan kecap bango.
 
posted by Beyond My Destination at 4:59 AM
 
Saturday, January 13, 2007
posted by Beyond My Destination at 6:34 AM
Alhamdullilah tukang masak sekarang sudah bisa beraktifitas kembali di dapur, walaupun belum begitu bisa masak yang ribets-ribets tapi seneng deh rasanya udah bisa bikin suami makan masakan rumah lagi.

Salah satu masakan eropa yang gampang untuk di coba di dapurnya tyty, adalah baked potato brokoli cara pembuatan nya mudah dan gampang, buat anak-anak yang gak suka mamam sayur mungkin cara ini bisa di coba untuk membiasakan si kecil mamam sayur, karena rasanya creamy dan berkarbohidrat.


Bahan:

- 4 Buah kentang ukuran besar
- 200 gram brokoli
- 200 ml susu cair
- 50 gram keju parmesan
- 2 cm bawang bombay iris tipis
- Garam dan merica secukupnya
- 2 sdm tepung terigu




Cara Membuat:

- Siapkan piring tahan panas berdiameter 40cmX 15cm, oleskan dengan mentega. Disini Tyty memakai piring IKEA yang warna putih berbentuk persegi.

-
Iris kentang tipis-tipis seukuran 1 cm , tata di atas piring tahan panas.

- Potong brokoli sesuai kuntumnya, kemudian celupkan di air mendidih selama 5 menit lalu tiriskan.


- Tata Brokoli di atas potongan kentang.

- Tumis bawang bombay yang sudah di iris tipis, tuang susu.

- Larutkan 6 sdm air ke dalam tepung lalu tuang tepung ke dalam wajan perlahan dan terus di aduk bersama susu sampai agak mengental di atas wajan.

- Tambahkan garam dan merica secukupnya sesuai selera.

- Angkat larutan susu dan tepung, lalu tuang di atas piring anti panas, ratakan.

- Taburi keju parmesan di atasnya.


- Panaskan oven 180 derajat celcius selama 10 menit

- Masukkan adonan brokoli dan potato panggang selama 40 menit hingga kentang matang.

Ps: untuk mengetes kematangan , sebaiknya di tusuk-tusuk dengan garpu, apabila kentang tidak keras ketika di tusuk, berarti masakan sudah matang.
 
Monday, November 06, 2006
posted by Beyond My Destination at 2:57 AM
Untuk teman-teman tercinta pembaca setia blog resepnyatyty, pertama-tama daku mau minta maaf karena kemungkinan besar Tyty bakalan jarang posting resep-resep lagi berhubung tukang masak nya sedang berbadan dua atau nama kerennya lagi hamil muda. HiHiHi

Doain ajah mual-mual dan penyakit ibu hamil lainnya cepet hilang dan bisa sering posting lagi yah.

Tidak lupa buat semua teman-teman yang udah ngucapin selamat dari lubuk hati yang paling dalam, daku mengucapkan terima kasih banyak atas segala perhatian yang di berikan..
semoga kehamilan ini berjalan sesuai yang di inginkan, Amien.

Berikut masakan simple yang berhasil di ciptakan;

Bahan:

- 400 gram kwa tiau
- 12 ekor udang segar di kupas
- 3 siung bawang putih, iris halus
- 2 cm bawang bombay, iris halus
- 2 buah bakso ayam
- 2 buah bakso ikan
- 1 Sdm oyster sauce
- 4 sdm Kecap manis
- 1 sdt tauco
- 50 gram touge
- 1 buah telur
- garam secukupnya
- 2sdm minyak untuk menumis.




Cara Membuat:

- iris bawang putih, tauco, bawang bombay lalu tumis dengan minyak goreng hingga harum,setelah itu kocok telur di atas wajan dan aduk seperti orak-arik.

- Masukkan udang yang sudah di kupas dan di bersihkan kedalam wajan tumisan.

- Beri bakso ikan dan bakso ayam yang telah di iris tipis lalu aduk merata.

- Masukkan kwa tiau aduk rata bersama bahan lainnya, kemudian tuangkan kecap manis,dan oyster sauce.

- Aduk rata ,bubuhi garam, jika kurang manis atau kurang hitam bisa di beri tambahan kecap manis.

- Masukkan tauge, aduk hingga melayu dan merata, lalu angkat.

Ps: kalo mau pedes bisa di tambahkan sambel botol ABC.

 
Thursday, November 02, 2006
posted by Beyond My Destination at 4:25 AM
Mie ayam yamin gondang dia, gang kelinci sama bakmi gajah mada..yang sering bikin kita drooling... Hmm enaknya sampai ke bawa mimpi, dari pada pulang kejakarta yang gak tau kapan, mending bikin aja sendiri yah ;-)



Tumisan Ayam:

- 1/2 ekor ayam di rebus , ambil dagingnya
- 3 siung bawang putih
- 2 sdt kecap ikan
- 2 sdm kecap manis
- merica halus secukupnya
- 2sdm minyak goreng
- Minyak ayam/ wijen

Cara membuat

- tumis bawang putih dengan minyak ayam sampai kuning lalu masukkan daging ayam aduk sampai berubah warna.

- Masukkan kecap ikan dan kecap manis dengan sedikit air lalu beri garam dan merica secukupnya.

- Tutup wajan dan masak sampai air habis, sisihkan.



Menyiapkan mie :

- didihkan 1 litter air, masukkan 500 gram mie basah lalu aduk dengan sumpit

- Setelah matang, buang airnya dan tiriskan


- Segera bubuhkan 1 sdm minyak ayam/ wijen, 1 sdt kecap asin dan 1 sdm kecap manis.



Kuah Bakso:
- 500 gram bakso siap pakai
- 750 cc kaldu ayam
- 1 siung bawang putih

- 1/2 sdt merica halus
- 1 sdt garam
- 1 batang daun bawang iris tipis
- 5 helai sawi hijau

Cara membuat:

- Didihkan kaldu lalu masukan baso siap pakai di dalamnya, masukkan bawang putih yang sudah di geprek kemudian masukkan sawi hijau rebus hingga matang lalu bubuhi merica dan garam angkat dari api

- Taburi daun bawang dan bawang goreng

Pangsit goreng

- 15 lembar kulit pangsit
- 100 gram daging cincang
- 50 gram udang cincang
- 1 siung bawang putih
- 1 sdt tepung kanji
- 1 batang daun bawang iris halus
- garam dan merica secukpnya

Cara Membuat:
- Setelah bahan isi pangsit tercampur rata, bagi menjadi 15 bulatan.

- Letakkan tiap bulatan di tengah selembar kulit pangsit, lipat membentuk segi tiga dan menyerupai perahu, lalu rekatkan kedua ujungnya dengan air.

- Goreng di dalam wajan dengan minyak tenggelam sampai kecoklatan.



 
Wednesday, November 01, 2006
posted by Beyond My Destination at 7:15 PM

"Yang gampang cepat dan praktis ;-)"


Bahan:

- 200 gram fillet ayam

- 2 cm bawang bombay iris tipis
- 2 siung bawang putih
- 200 gram brokoli
- 1 buah cabe merah iris, buang isinya
- 2 sdm Oyster sauce
- 1 sdm tepung jagung campur sedikit air
- 2 sdm Minyak untuk menumis
- Garam secukupnya


Cara membuat:

- Iris bawang bombay, cabe merah dan bawang putih, lalu tumis dengan minyak goreng hingga harum.

- Potong fillet ayam sebesar 4 cm lalu tumis bersama bawang

- Beri oyster sauce lalu di aduk


- Masukkan brokoli kedalam wajan, aduk hingga sayur matang, sebaiknya jangan sampai sayur melayu.


- Sebelum di angkat siram tepung jagung di dalam wajan lalu di aduk, tunggu selama satu menit lalu angkat dan hidangkan.
 
Sunday, October 22, 2006
posted by Beyond My Destination at 11:39 AM

Mohon maaf lahir dan batin

kepada semua teman-teman
dan saudara-saudara ku yang tercinta

Mari kita sucikan dan besarkan hati
untuk menyambut hari kemenangan di tahun ini



wassalam
-Tyty dan eRBe-